Kamis, 19 Juli 2012

SEJARAH SINGKAT JAVA

Java, ada yang berpendapat bahwa berasal dari sebuah pulau di indonesia (jawa). dan ada juga yang menyatakan pendapat yang berbeda.


Sebenarnya bahasa pemrograman java lahir dari The Green Project yang berjalan selama 18 bulan pada awal tahun 1991 hingga
musim panas 1992. Proyek ini di motori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.
 Untuk menjalankan proyek tersebut, Sun merencanakan membangun aplikasi yang berdasar bahasa C++.
namun James Gosling (salah satu anggota tim proyek) tidak puas terhdapa bahasa pemrograman C++, akhirnya di membuat sendiri bahasa pemrograman yang di beri nama "Oak". Nama tersebut di ambil dari sebuah pohon oak yang terlihat dari sebuah jendela di kantornya. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot yang di beni nama "DUKE" yang di buat oleh Joe Palrang.

Pada tahun 1992 proyek ini di tutup dengan hasil program yang di tujukan dengan sebuah teknologi pengendali peralatan dengan layar sentuh (touch screen). 

Pada tahun 1995 nama oak di ganti karena sudah ada produk yang mematenkan nama tersebut. sehingga di ganti menjadi "JAVA". nama java ini di ambil dari sebuah biji kopi murni yang langsung di giling, yang merupakan kopi kesukaan gosling. itulah sebabnya kenapa simbol pemrograman java adalah secangir kopi, dan bukan pulau jawa atau sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar